Montessori

Belajar Membaca Alquran Menggunakan Metode Montessori

Mengajarkan anak membaca Alquran dimulai dengan membuat anak senang dan nyaman belajar dengan harapan anak tidak sekadar bisa membaca tapi juga senang membaca.  Salah satu cara  yang dapat dilakukan agar anak tidak hanya sekadar bisa membaca tapi dapat mengerti arti tiap kata yang dibaca adalah menggunakan metode yang tepat.  Mengajar membaca Alquran secara tidak mengajar Bahasa Arab yang bukan bahasa utama.  Metode Montessori menjadi salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk mengajarkan anak membaca Alquran dengan cara yang menyenangkan.

Sandpaper Hijaiyyah
Sandpaper Hijaiyyah

Berikut tips dasar mengajarkan anak membaca Alquran menggunakan Metode Montessori.

  1. Kenalkan anak huruf hijaiyyah melalui lagu.  Sebaiknya lagu tersebut tidak hanya mengenalkan hurufnya saja tetapi dengan kosakata.  Misalnya “alif” is for “Allah“, huruf “alif” mewakili kata “Allah“, dan seterusnya.  Cara ini membuat anak tidak hanya mengenal dan menghafal huruf hijaiyyah tetapi juga mengenal kosakata Bahasa Arab sebanyak jumlah huruf hijaiyyah.
  2. Gunakan sandpaper hijaiyyah untuk mengenalkan anak huruf hijaiyyah. Menggunakan sanpaper hijaiyyah sebaiknya tidak berurutan dari hurus alif – ya, untuk menghindari anak menghafal. Setiap sesi pengenalan gunakan minimal 3 jenis huruf dengan cara “three period lesson” (Metode Montessori). Tahap inilah anak harus tuntas mengenal dan melafalkan huruf hijaiyyah sesuai makharajul huruf.
  3. Setelah anak tuntas mengenal dan mampu mengucapkan huruf hijaiyyah, ajarkan cara membacanya (harakat). Dapat menggunakan kartu ataupun moveable. Tahap ini gunakan cara “three period lesson” agar anak mampu membedakan bunyi huruf berdasarkan harakatnya.
  4. Gunakan objek atau kartu kata yang terdapat dalam Alquran (isim atau fi’il mufrad).  Anak lebih tertarik melihat gambar dan lebih cepas mengenali. 
  5. Gunakan moveable hijaiyyah, dan minta anak anak mencari huruf-huruf di box moveable.  Susuna huruf bisa berasal dari kata objek atau kartu kemudian susun bersama membentuk kata.
Box Moveable
Box Moveable

Setelah anak bisa membaca Alquran, lanjutkan dengan menghafal surah-surah pendek atau ayat-ayat yang berkaitan dengan alam semesta (misalnya binatang, tumbuhan, bintang, dan lain-lain).  Setelah anak hafal, lanjutkan dengan belajar memperdalam dan memahami surah atau ayat. Referensi yang digunakan tahap ini adalah tafsir atau sirah agar anak mengetahui makna surah atau ayat yang dibaca. 

Belajar membaca Alquran menggunakan Metode Montessori yang telah disebutkan menggunakan dua area belamra yaitu area bahasa (membaca) dan area budaya (memahami surah atau ayat). 

Demikian tips yang bisa dilakukan agar anak tidak hanya bisa mengaji (membaca) terapi juga paham/mengerti artinya.  

Contoh presentasi belajar membaca Alquran menggunakan Metode Montessori dapat dilihat di video ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *