Montessori

Kegiatan Keterampilan Hidup

#Tata Krama dan Sopan Santun

Kegiatan keterampilan hidup pada anak membantu perkembangan mereka baik secara  fisik, kognitif, sosial, dan emosinal.  Latihan keterampilan hidup pada Metode Montessori dirancang untuk membantu anak mengembangkan kecerdasan dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Kegiatan yang ada pada latihan keterampilan hidup akan meningkatkan kontrol anak terhadap gerakan serta melatih otot tubuh sesuai pemahaman dan tujuan dari kegiatan tersebut.

Kegiatan pada latihan keterampilan hidup bergantung pada kreativitas seorang 

Direktris (fasilitator), latar belakang budaya, dan kondisi finansial.  Secara umum , manfaat kegiatan keterampilan hidup:

  1. Mengembangkan konsentrasi;
  2. Mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus;
  3. Mendukung kemandirian;
  4. Bertanggungjawab.

Tata krama dan sopan santun merupakan salah satu kategori kegiatan keterampilan hidup menurut Metode Montessori.  Kegiatan tata krama dan sopan santun menjadi latihan yang paling penting dalam kegiatan keterampilan hidup praktis.  Di rumah, anak belajar dan memahami tentang lingkungan sosial, dimana anak akan berintraksi dengan orang lain, baik yang sebaya, lebih muda, maupun yang lebih tua dari usia anak.  Anak diajarkan memperkenalkan diri, menyapa, berjabat tangan, meminta sesuatu dengan mengatakan “tolong”, berterima kasih, meminta maaf, dan memaafkan diri sendiri. 

Berikut contoh kegiatan tata krama dan sopan santun yang bisa diajarkan ke anak usia 2,5 tahun.

Menyapa orang dengan sopan.  Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kemampuan sosial anak, meningkatkan rasa percaya diri, kepedulian terhadap lingkungan, kemandirian, dan kemampuan berbahasa.  Ajakan  anak cara menyapa yang sopann saat akan dibawa serta di suatu pertemuan dimana anak akan bertemu orang lain, atau saat akan kedatangan tamu (baru pertama berkunjung). Contoh presentasi Montessori menyapa orang dapat dilihat disini.

Menyela/permisi, mengajarkan bagaimana cara menyela/permisi dengan sopan.   Kegiatan ini mengajarkan anak menghargai orang lain.  Contoh presentasi menyela/permisi dapat dilihat disini.

Cara berjalan dalam ruangan.  Berjalan yang benar adalah tidak berlari seperti umumnya yang anak lakukan, kegiatan ini bertujuan mengembangkan kontrol diri anak, koordinasi tubuh, mengajarkan sikap tenang dan keteraturan. Contoh presentasi menyela/permisi dapat dilihat disini.

Diam, untuk melatih pendengaran dan membuat anak peka terhadap suara di sekitar.  Selain itu, belajar diam mampu membangun kontrol diri anak, mengembangkan kesadaran spiritual, dan membangun ketenangan. Berlatih diam dapat dilakukan saat anak bermain dengan insturksi tidak berbicara selama waktu tertentu. Gunakan jam pasir sebagai pengingat durasi waktu diam. Contoh presentasi bermain dalam diam dapat dilihat disini.

Selain tata krama dan sopan santun, anak perlu diajarkan aturan-aturan yang berlaku di rumah yang biasa disebut ground rules.  Berikut beberap contoh ground rules:

Membawa kursi, gunakan kursi yang sesuai dengan usia anak (ukuran dan beratnya).  Kegiatan ini mengajarkan anak cara membawa kursi dengan aman serta mengatur dan merapikan kursi setelah digunakan.  Secara tidak langsung, kegiatan ini meningkatkan keterampilan motorik, keteraturan dan koordinasi. Presentasi menarik dan merapikan kursi dapat dilihat disini, dan presentasi menarik dan duduk di kursi dapat dilihat disini.

Membuka dan menutup pintu.  Kegiatan ini selain mengajarkan anak cara membuka dan menutup pintu juga mampu mengembangkan percaya diri, meningkatkan kemampuan motorik, sosial, dan mengontrol lingkungannya.  Presentasi membuka dan menutup pintu dapat dilihat disini.

Mengambil dan mengembalikan mainan.  Prinsip kerapihan ruangan adalah bahwa setiap benda memiliki tempat dan setiap kali benda tersebut sudah digunakan, dikembalikan ke tempat semula.  Demikian pula dengan mainan anak, mengajarkan mereka cara mengambil dan mengembalikan secara tidak langsung melatih anak berbenah.  Presentasi mengambil dan mengembalikan mainan dapat dilihat disini.

Bersambung…..

2 thoughts on “Kegiatan Keterampilan Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *