Anakku

Portofolio

Pergantian tahun selalu menjadi titik awal membuat resolusi terkait capaian yang diinginkan selama setahun.   Menuliskan capaian (goal) tersebut bagi sebagian orang menjadi pengingat sekaligus motivasi untuk terus melangkah menuju capaian tersebut.  Sekaligus evaluasi terkait hal-hal yang menghambat capaian yang telah dituliskan.

Bagi saya pribadi, tahun 2021 spesial karena anak pertama saya di bulan Januari tepat berusia 7 tahun.  Dalam pendidikan berbasis fitrah, usia 7 tahun adalah masa pra latih dimana anak mulai diajarkan hukum syariat seperti shalat.  Usia 7 – 10 tahun merupakan masa akhir anak-anak.  Fokus dan tema pendidikan untuk anak usia 7 tahun adalah mempelajari alam semesta. 

Berkaitan dengan kondisi keluarga kami yang saat sedang merantau ke Kota Sorong dan memungkinkan sering melakukan perjalanan Makassar-Sorong, maka merancang kurikulum berbasis fitrah untuk anak usia 7 tahun (bisa dikondisikan untuk anak usia di bawah 7 tahun) memiliki tantangan tersendiri.  Terdapat penekanan sebelum membuat kurikulum agar kegiatan yang dirancang sesuai dengan perkembangan anak, diantaranya:

  1. Ruang belajar yang membuka dunia nyata (misalnya belajar di alam);
  2. Membaca, menulis, dan matematika yang berhubungan dengan penemuan dunia nyata;
  3. Bahan pelajaran yang sesuai aslinya;
  4. Eksplorasi dilakukan dengan panduan orang dewasa (orang tua/guru); dan
  5. Belajar sesuai dengan apa yang ditemukan di dunia nyata agar menghasilkan gagasan dan wawasan anak, mendapat pencerahan, perenungan, pengamatan, dan lainnya.

Penekanan di atas menjadi dasar saya membuat kurikulum untuk anak dengan mengambil tema “Mengenal Lautan”.  Membuat kurikulum kegiatan berdasarkan fitrah dimulai dengan tahap riset dan selanjutnya merancang ide kegiatan. 

Berikut tahap riset dan ide kegiatan yang saya buat untuk anak saya.

Tahap Riset

Fitrah Keimanan, mengenal kepulauan mengajarkan anak tentang ciptaan Allah SWT bahwa bumi ini luas yang terdiri dari daratan dan lautan. Menumbuhkan rasa kekaguman anak terhadap ciptaan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta.

Fitrah Belajar, mengenal kepulauan dengan aktivitas ke pantai, anak belajar tentang geografi yaitu letak daratan dan lautan. Bahwa daratan itu adalah benda padat atau tanah dan lautan itu adalah air.

Fitrah Individualitas dan Sosial, membangun kenyamanan diri dengan menyiapkan perlengkapan berenang saat akan main ke pantai. Juga menyiapkan perlengkapan mainan pantai untuk dipakai membuat istana pasir bersama saudara.

Fitrah Seksualitas, bermain ke pantai memperkuat ikatan keluarga dimana anak-anak beraktivitas bersama kedua orang tua. Bersama ayah berenang di pantai dan bersama bunda membuat istana pasir.

Fitrah Estetika dan Bahasa, bermain di pantai membuat anak leluasa bergerak dan mampu menyalurkan emosinya. Secara tidak langsung mengenalkan anak kosa kata yang berkaitan dengan pantai seperti: laut, terumbu karang, ikan, padang lamun, pasir pantai, dll.

Fitrah Bakat, membantu orang tua lebih mengenal anak terkait ketertarikannya terhadap sesuatu yang berhubungan dengan lautan, misalnya transportasi di laut.

Fitrah Jasmani, mengenalkan tentang kandungan gizi hewan laut yang dapat dimakan serta manfaatnya bagi tubuh.

Fitrah Perkembangan, mengajarkan anak bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan khususnya laut dengan tidak membuang sampah di pantai.

Ide kegiatan dapat dilihat pada video berikut:

Referensi:

Materi FBE Master Class#1

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *